Ping, simple tool, useful

Yep, the title is awesome, simple tool, useful.

Ping, semua administrator jaringan komputer pasti pernah memakai perintah ini. Meski begitu, sayangnya tidak semuanya tahu sejarah, detail fungsi, dari perintah ini. Termasuk saya!

Ping adalah sebuah perintah yang biasanya dituliskan melalui terminal (command prompt, cmd, atau apalah istilahnya). Basically, ping diikuti dengan IP address/domain name suatu node. Perintah ini digunakan untuk memeriksa induktivitas suatu jaringan komputer, dari satu node, ke node yang lain. Prinsipnya, perintah ping akan mengirimkan suatu paket data ke tujuan (IP address/domain name), dan kemudian menunggu hingga paket tersebut merespon, dan respon tersebut akan dilaporkan sebagai hasil dari perintah ping ini.

History

Sejarah itu penting, karena dengan mengetahui sejarah dari sesuatu, kita akan dapat lebih memahami sesuatu tersebut. And, this is the history of ping.

Wikipedia said :

Mike Muuss menulis program ini pada bulan Desember 1983, sebagai sarana untuk mencari sumber masalah dalam jaringan. Menurutnya, nama “ping” berasal dari suara echo (sonar) sebuahkapal selam yang bilamana sang operator mengirimkan pulsa-pulsa suara ke arah sebuah sasaran maka suara tersebut akan memantul dan diterima kembali ketika telah mengenai sasaran dalam jangka waktu tertentu.

Example

Windows users :

Buka command prompt/cms, lalu ketikkan perintah ping google.com lalu tekan enter, dan hasilnya :

ping

Linux users :

Buka terminal, lalu ketikkan perintah ping google.com lalu tekan enter, dan hasilnya :

pinbg2

Jangan kaget jika perintah tersebut jalan terus tanpa henti di linux. Untuk menhentikannya, tekan tombol Ctrl + c.

Nah, setelah kita menekan enter, secara tiba-tiba muncul beberapa baris yang bagi pemula yang pertama kali melakukan ini, sungguh ajaib (hahaha). Berikut adalah salah satu baris yang dimunculkan dari perintah ping tadi :

Reply from 103.11.28.59: bytes=32 time=22ms TTL=57

Yang dari linux

64 bytes from cache.google.com (103.11.28.35): icp_req=1 TTL=57 time=22.4ms

Apa maksud itu semua? Jadi bagini (ehemmm). Ketika kita menekan enter setelah menuliskan perintah ping google.com tadi, komputer kita mengirimkan paket data ke komputer tujuan (google.com, alias 103.11.28.59), lalu ketika google.com menerima paket tersebut, dia merespon.

Yang di Windows :

  • Reply diatas maksudnya adalah antara komputer kita dan google terkoneksi, jadi nyambung gitu (jangan dibayangin nyambung pake kabel lho yaaa, tapi kalau emang betul begitu, salut deh).
  • From 103.11.28.59 itu artinya yang ngejawab ping yang kita lakukan tadi itu IP addressnya itu. Dengan kata lain, IP address google itu 103.11.28.59.
  • Lalu bytes=32 artinya adalah paket yang kita kirimkan ukurannya 32 bytes.
  • Time=22 artinya paket tersebut memakan waktu 22 miliseconds sejak ‘pergi’ dari komputer kita menuju google.com lalu balik lagi.
  • TTL=57. TTL = Time To Live adalah jumlah (umur) suatu paket data di dalam sebuah jaringan. Misalkan TTL maksimalnya adalah 128, maka maksimal dia dapat melalui sejumlah 128 router. Setiap kali dia melewati satu router, maka dia akan berkurang 1 umurnya. Jika mencapai 0, maka paket tersebut akan dihapus dari jaringan, dan menghasilkan output berupa “TTL expired in transit”. Lebih mendalam akan dibahas di tulisan-tulisan tentang router nantinya (mudah-mudahan jadi nulis).

Yang di linux :

  • 64 bytes, artinya paket yang dikirimkan itu sebesar 64 bytes sekali kirim
  • from cache.google.com, nah ini yang jadi pertanyaan, kenapa dari cache.google.com, kan tadi nge-ping-nya ke google.com, kalau masalah ini, saya sendiri kurang tahu.
  • 103.11.28.35, nah ini alamat ip dari cache.google.com itu tadi.
  • icmp_req=1 nomer request yang dikirimkan, urut dari 1, 2, 3 dst.
  • ttl=57, sama kayak windows diatas itu gan
  • time=22.4ms, sama juga kayak yang di windows itu.

Ok, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Kalau ada kesalahan langsung komplain ke ane ya, ane cuman manusia biasa juga kok.🙂

Ping, simple tool, useful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s